Kampanye teamwork
- 1. STORY FORREFERENCE
- 2. 1. Definisi arti Teamwork 2. TEAMWORK Cycle 3. Makna
Luas Pengertian “ Teamwork “ 4. Sikap Kerja Team Work 5. Kesimpulan
Training
- 3. PendahuluanDalam Suatu Pekerjaan, penggunaan
teamwork seringkali merupakan solusi terbaik untukmencapai suatu
kesuksesan. Teamwork yang solid akan memudahkan manajemen dalam mendelegasikan
tugas-tugas organisasi. Namun demikian untuk membentuk sebuah teamyang
solid dibutuhkan komitment tinggi. Hal terpenting adalah bahwa teamwork
harus dilihat sebagai suatu sumber daya yang harus dikembangkan dan dibina
sama seperti sumber daya lain yang ada dalam perusahaan. Proses
pembentukan, pemeliharaan dan pembinaanteamwork harus dilakukan atas dasar
kesadaran penuh dari team tersebut sehingga segalasesuatu berjalan secara
normal sebagai suatu aktivitas sebuah teamwork.Secara umum teamwork dapat
didefinisikan sebagai kumpulan individu yangbekerjasama untuk mencapai
suatu tujuan. Kumpulan individu-individutersebut memiliki aturan dan
mekanisme kerja yang jelas sertasaling tergantung antara satu dengan yang
lain. Oleh karena itusekumpulan orang yang bekerja dalam satu ruangan,
bahkandidalam satu proyek, belum tentu merupakan sebuah teamwork.Terlebih
lagi jika kelompok tersebut dikelola secara otoriter,timbul faksi-faksi di
dalamnya, dan minimnya interaksiantar anggota kelompok.
- 4. Ketika seseorang bekerja didalam kelompok (team),
akan ada dua isu yang munculYaitu :1.Adanya tugas-tugas (task) dan
masalah-masalah yang berhubungan denganpelaksanaan pekerjaan. Hal
ini seringkali merupakan topik utama yang menjadiperhatian team.2.Proses
yang terjadi di dalam teamwork itu sendiri, misalnya bagaimana
mekanismekerja atau aturan main sebuah team sebagai suatu unit kerja dari
perusahaan, prosesinteraksi di dalam team, dan lain-lain. Dengan kata
lain proses menunjuk pada semangat kerjasama, koordinasi, proseduryang
harus dilakukan dan disepakati seluruh anggota, dan hal-hallain yang
berguna untuk menjaga keharmonisan hubunganantar individu dalam kelompok
itu. Tanpa memperhatikanproses maka sebuah teamwork tidak akan memiliki
nilaiapa-apa bagi perusahaan dan hanya akan menjadi sumbermasalah bagi
perusahaan dalam pembentukan sebuah teamwork. Sebaliknya jika proses
tersebut ada dalam sekumpulan orangyang bekerjasama, maka performance
mereka akan meningkatkarena akan mendapat dukungan secara teknis maupun
moral.
- 5. Secara umum perkembangan suatu team dapat dibagi
dalam 4 tahap: Forming Storming Performing NormingForming, adalah
tahapan dimana para anggota setuju untuk bergabung dalam suatu team.
Karenakelompok baru dibentuk maka setiap orang membawa nilai-nilai,
pendapat dan cara kerja sendiri-sendiri.Konflik sangat jarang terjadi,
setiap orang masih sungkan, malu-malu, bahkan seringkali ada anggota yangmerasa
gugup. Kelompok cenderung belum dapat memilih pemimpin (kecuali team yang
sudah dipilihketua kelompoknya terlebih dahulu). Storming, adalah
tahapan dimana kekacauan mulai timbul di dalam team. Pemimpin yang telah
dipilihseringkali dipertanyakan kemampuannya dan anggota kelompok tidak
ragu-ragu untuk menggantipemimpin yang dinilai tidak mampu. Faksi-faksi
mulai terbentuk, terjadi pertentangan karena masalah-masalah pribadi,
semua ngotot dengan pendapat masing-masing. Komunikasi yang terjadi sangat
sedikitkarena masing-masing orang tidak mau lagi menjadi pendengar dan
sebagian lagi tidak mau berbicarasecara terbuka.
- 6. Norming, adalah tahapan dimana individu-individu dan
sub-group yang ada dalam team mulaimerasakan keuntungan bekerja bersama
dan berjuang untuk menghindari team tersebut dari kehancuran(bubar).
Karena semangat kerjasama sudah mulai timbul, setiap anggota mulai merasa
bebas untukmengungkapkan perasaan dan pendapatnya kepada seluruh anggota
team. Selain itu semua orang mulaimau menjadi pendengar yang baik.
Mekanisme kerja dan aturan-aturan main ditetapkan dan ditaatiseluruh
anggota.Performing. Tahapan ini merupakan titik kulminasi dimana team
sudah berhasil membangun systemyang memungkinkannya untuk dapat bekerja
secara produktif dan efisien. Pada tahap ini keberhasilanteam akan
terlihat dari prestasi yang ditunjukkan.
- 7. Ketrampilan yang Diperlukan yang harus dimiliki
untuk membetuk Teamwork yangsolid Adalah :Ada dua ketrampilan utama yang
seharusnya dimiliki oleh anggota sebuah teamwork,yaitu:1. Ketrampilan
managerial (Managerial Skills), termasuk kemampuan dalam membuat rencana
kerja, menentukan tujuan, memantau kinerja, memonitor perkembangan dan
memastikan pekerjaan telah dilakukan secara benar, dan lain-lain.2.
Ketrampilan interpersonal (Interpersonal Skills), termasuk kemampuan
berkomunikasi, saling menghargai pendapat orang lain dan kemampuan
menjalin hubungan interpersonal dengan orang lain. Dengan menjadi
karyawan suatu perusahaan makasecara tidak langsung Anda sudah menempatkandiri
menjadi anggota sebuah teamwork.Nah, Sudah Siapkah Anda mempersiapkan
diridengan memiliki ketrampilan-ketrampilanseperti yang disebutkan diatas
?
- 8. T : Together in work ( Bekerja Bersama-sama dalam
melaksanakan suatu pekerjaan )E : Encourage each other ( Saling mendukung
satu sama lain )A : Aiming the same goal ( Berusaha untuk mencapai satu
tujuan secara bersama-sama )M : Manage own job ( Mampu mengatur Tugas dan
pekerjaannya )W : Work smart ( Bekerja dengan Pandai )O : Organize
properly ( Mampu mengorganisasikan dengan sesuai )R : Respect each other’s
responsibility ( Mampu Menghormati tanggung jawab satu sama dengan yang
lain )K : Keen to success ( Berusaha dengan Giat dan tekun untuk mencapai
kesuksesan )
- v9. Jangan pernah
menyerah jika vmenemui suatu kegagalan. Sikap Kerja dengan kerjasama
yang Cepat dan Konsisten selalu vmengalahkan yang lambat dan statis. Bekerjalah sesuai
dengan Kompetensi anda, maka Kerjasama kerja akan terbentuk Berkompetisilah melawan situasi yang
sulit janganvdan solid dengan rekan kerja anda . JIka anda
berkompetisi dengan rekan Kerja maka Kerjasama / teamwork yang terjadi
akan timbul Konflik dan Hubungan
Seseorang yang Bekerja secara Team selalu bisavyang tidak harmonis mengalahkan seseorang yang bekerja
secara individu.
- 10. Mengapa Teamwork Diperlukan?Teamwork merupakan
sarana yang sangat baik dalam menggabungkan berbagai talentadan dapat
memberikan solusi inovatif suatu pendekatan yang mapan. selain
ituketrampilan dan pengetahuan yang beranekaragam yang dimiliki oleh
anggotakelompok juga merupakan nilai tambah yang membuat teamwork lebih
menguntungkanjika dibandingkan seorang individu yang brilian
sekalipun. Sebuah team dapat dilihat sebagai suatu unit yang mengatur
dirinya sendiri.Rentangan ketrampilan dan pengetahuan yang dimiliki
anggota dan self monitoring"yang ditunjukkan oleh masing-masing team
memungkinkannya untuk diberikan suatutugas dan tanggungjawab. Bahkan
ketika suatu masalah tersebut dapat diputuskanoleh satu orang saja,
melibatkan teamwork akan memberikan beberapa keuntungan.Keuntungan
tersebut adalah: pertama keputusan yang dibuat secara bersama-samaakan
meningkatkan motivasi team dalam pelaksanaanya. Kedua, keputusan
bersamaakan lebih mudah dipahami oleh team dibandingkan jika hanya
mengandalkankeputusan dari satu orang saja.Bila dilihat dari perspektif
individu, dengan masuknya ia kedalam suatu kelompok(team) maka hal
tersebut akan menambah semangat juang/motivasi untuk
mencapaisuatu prestasi yang mungkin tidak akan pernah dapat dicapai seorang
diri oleh individutersebut. Hal ini dapat terjadi karena team mendorong
setiap anggotanya untukmemiliki wewenang dan tanggungjawab sehingga
meningkatkan harga diri setiaporang.
- 11. Demikianlah Training ini dilaksanakan semoga Isi
dan tema training dapat bermanfaat dan diimplementasikan dalam pelaksanaan
Kerja untuk mencapai Satu Tujuan yang KitaInginkan bersama-sama dalam
pengembangan Perusahaan.
Sumber : http://www.slideshare.net/myekobudi/kampanye-teamwork