Senin, 31 Maret 2014

Kampanye teamwork

    Kampanye teamwork

  • 1. STORY FORREFERENCE

  • 2. 1. Definisi arti Teamwork 2. TEAMWORK Cycle 3. Makna Luas Pengertian “ Teamwork “ 4. Sikap Kerja Team Work 5. Kesimpulan Training
  • 3. PendahuluanDalam Suatu Pekerjaan, penggunaan teamwork seringkali merupakan solusi terbaik untukmencapai suatu kesuksesan. Teamwork yang solid akan memudahkan manajemen dalam mendelegasikan tugas-tugas organisasi. Namun demikian untuk membentuk sebuah teamyang solid dibutuhkan komitment tinggi. Hal terpenting adalah bahwa teamwork harus dilihat sebagai suatu sumber daya yang harus dikembangkan dan dibina sama seperti sumber daya lain yang ada dalam perusahaan. Proses pembentukan, pemeliharaan dan pembinaanteamwork harus dilakukan atas dasar kesadaran penuh dari team tersebut sehingga segalasesuatu berjalan secara normal sebagai suatu aktivitas sebuah teamwork.Secara umum teamwork dapat didefinisikan sebagai kumpulan individu yangbekerjasama untuk mencapai suatu tujuan. Kumpulan individu-individutersebut memiliki aturan dan mekanisme kerja yang jelas sertasaling tergantung antara satu dengan yang lain. Oleh karena itusekumpulan orang yang bekerja dalam satu ruangan, bahkandidalam satu proyek, belum tentu merupakan sebuah teamwork.Terlebih lagi jika kelompok tersebut dikelola secara otoriter,timbul faksi-faksi di dalamnya, dan minimnya interaksiantar anggota kelompok. 
  • 4. Ketika seseorang bekerja didalam kelompok (team), akan ada dua isu yang munculYaitu :1.Adanya tugas-tugas (task) dan masalah-masalah yang berhubungan denganpelaksanaan pekerjaan.  Hal ini seringkali merupakan topik utama yang menjadiperhatian team.2.Proses yang terjadi di dalam teamwork itu sendiri, misalnya bagaimana mekanismekerja atau aturan main sebuah team sebagai suatu unit kerja dari perusahaan, prosesinteraksi di dalam team, dan lain-lain. Dengan kata lain proses menunjuk pada semangat kerjasama, koordinasi, proseduryang harus dilakukan dan disepakati seluruh anggota, dan hal-hallain yang berguna untuk menjaga keharmonisan hubunganantar individu dalam kelompok itu. Tanpa memperhatikanproses maka sebuah teamwork tidak akan memiliki nilaiapa-apa bagi perusahaan dan hanya akan menjadi sumbermasalah bagi perusahaan dalam pembentukan sebuah teamwork. Sebaliknya jika proses tersebut ada dalam sekumpulan orangyang bekerjasama, maka performance mereka akan meningkatkarena akan mendapat dukungan secara teknis maupun moral.
  • 5. Secara umum perkembangan suatu team dapat dibagi dalam 4 tahap:  Forming Storming Performing NormingForming, adalah tahapan dimana para anggota setuju untuk bergabung dalam suatu team. Karenakelompok baru  dibentuk maka setiap orang membawa nilai-nilai, pendapat dan cara kerja sendiri-sendiri.Konflik sangat jarang terjadi, setiap orang masih sungkan, malu-malu, bahkan seringkali ada anggota yangmerasa gugup. Kelompok cenderung belum dapat memilih pemimpin (kecuali team yang sudah dipilihketua kelompoknya terlebih dahulu). Storming, adalah tahapan dimana kekacauan mulai timbul di dalam team. Pemimpin yang telah dipilihseringkali dipertanyakan kemampuannya dan anggota kelompok tidak ragu-ragu untuk menggantipemimpin yang dinilai tidak mampu. Faksi-faksi mulai terbentuk, terjadi pertentangan karena masalah-masalah pribadi, semua ngotot dengan pendapat masing-masing. Komunikasi yang terjadi sangat sedikitkarena masing-masing orang tidak mau lagi menjadi pendengar dan sebagian lagi tidak mau berbicarasecara terbuka. 
  • 6. Norming, adalah tahapan dimana individu-individu dan sub-group yang ada dalam team mulaimerasakan keuntungan bekerja bersama dan berjuang untuk menghindari team tersebut dari kehancuran(bubar). Karena semangat kerjasama sudah mulai timbul, setiap anggota mulai merasa bebas untukmengungkapkan perasaan dan pendapatnya kepada seluruh anggota team. Selain itu semua orang mulaimau menjadi pendengar yang baik. Mekanisme kerja dan aturan-aturan main ditetapkan dan ditaatiseluruh anggota.Performing. Tahapan ini merupakan titik kulminasi dimana team sudah berhasil membangun systemyang memungkinkannya untuk dapat bekerja secara produktif dan efisien. Pada tahap ini keberhasilanteam akan terlihat dari prestasi yang ditunjukkan.
  • 7. Ketrampilan yang Diperlukan yang harus dimiliki untuk membetuk Teamwork yangsolid Adalah :Ada dua ketrampilan utama yang seharusnya dimiliki oleh anggota sebuah teamwork,yaitu:1. Ketrampilan managerial (Managerial Skills), termasuk kemampuan dalam membuat rencana kerja, menentukan tujuan, memantau kinerja, memonitor perkembangan dan memastikan pekerjaan telah dilakukan secara benar, dan lain-lain.2. Ketrampilan interpersonal (Interpersonal Skills), termasuk kemampuan berkomunikasi, saling menghargai pendapat orang lain dan kemampuan menjalin hubungan interpersonal dengan orang lain. Dengan menjadi karyawan suatu perusahaan makasecara tidak langsung Anda sudah menempatkandiri menjadi anggota sebuah teamwork.Nah, Sudah Siapkah Anda mempersiapkan diridengan memiliki ketrampilan-ketrampilanseperti yang disebutkan diatas ?
  • 8. T : Together in work ( Bekerja Bersama-sama dalam melaksanakan suatu pekerjaan )E : Encourage each other ( Saling mendukung satu sama lain )A : Aiming the same goal ( Berusaha untuk mencapai satu tujuan secara bersama-sama )M : Manage own job ( Mampu mengatur Tugas dan pekerjaannya )W : Work smart ( Bekerja dengan Pandai )O : Organize properly ( Mampu mengorganisasikan dengan sesuai )R : Respect each other’s responsibility ( Mampu Menghormati tanggung jawab satu sama dengan yang lain )K : Keen to success ( Berusaha dengan Giat dan tekun untuk mencapai kesuksesan )
  • v9.  Jangan pernah menyerah jika vmenemui suatu kegagalan. Sikap Kerja dengan kerjasama yang Cepat dan Konsisten selalu vmengalahkan yang lambat dan statis. Bekerjalah sesuai dengan Kompetensi anda, maka Kerjasama kerja akan terbentuk  Berkompetisilah melawan situasi yang sulit janganvdan solid dengan rekan kerja anda . JIka anda berkompetisi dengan rekan Kerja maka Kerjasama / teamwork yang terjadi akan timbul Konflik dan Hubungan  Seseorang yang Bekerja secara Team selalu bisavyang tidak harmonis mengalahkan seseorang yang bekerja secara individu.
  • 10. Mengapa Teamwork Diperlukan?Teamwork merupakan sarana yang sangat baik dalam menggabungkan berbagai talentadan dapat memberikan solusi inovatif  suatu pendekatan yang mapan. selain ituketrampilan dan pengetahuan yang beranekaragam yang dimiliki oleh anggotakelompok juga merupakan nilai tambah yang membuat teamwork lebih menguntungkanjika dibandingkan seorang individu yang brilian sekalipun. Sebuah team dapat dilihat sebagai suatu unit yang mengatur dirinya sendiri.Rentangan ketrampilan dan pengetahuan yang dimiliki anggota dan self monitoring"yang ditunjukkan oleh masing-masing team memungkinkannya untuk diberikan suatutugas dan tanggungjawab. Bahkan ketika suatu masalah tersebut dapat diputuskanoleh satu orang saja, melibatkan teamwork akan memberikan beberapa keuntungan.Keuntungan tersebut adalah: pertama keputusan yang dibuat secara bersama-samaakan meningkatkan motivasi team dalam pelaksanaanya. Kedua, keputusan bersamaakan lebih mudah dipahami oleh team dibandingkan jika hanya mengandalkankeputusan dari satu orang saja.Bila dilihat dari perspektif individu, dengan masuknya ia kedalam suatu kelompok(team) maka hal tersebut akan  menambah semangat juang/motivasi  untuk mencapaisuatu prestasi yang mungkin tidak akan pernah dapat dicapai seorang diri oleh individutersebut. Hal ini dapat terjadi karena team mendorong setiap anggotanya untukmemiliki wewenang dan tanggungjawab sehingga meningkatkan harga diri setiaporang.
  • 11. Demikianlah Training ini dilaksanakan semoga Isi dan tema training dapat bermanfaat dan diimplementasikan dalam pelaksanaan Kerja untuk mencapai Satu Tujuan yang KitaInginkan bersama-sama dalam pengembangan Perusahaan.

Sumber : http://www.slideshare.net/myekobudi/kampanye-teamwork